Bisakah Illustrator mendesain Baleho?

Mendesain baleho berukuran sedang seperti 1×2, 1×4, 1×6, 3×5 akan lebih cepat bila menggunakan Software Photoshop atau Coreldraw. Di Photoshop kita bisa berkreasi dengan warna-warna yang lebih cerah dan padat serta seni yang rumit, sedangkan di Coreldraw sangat mudah mendesain baleho berukuran besar diatas 10 meter tanpa banyak mengandung file .Jpg atau .Tiff.

Nah, bagaimana dengan Illustrator? sanggupkah software ini digunakan untuk mendesain sebuah baleho? seperti yang kita tahu bahwa software ini bekerja lambat sekali dalam desain-desain berukuran raksasa, berikut saya paparkan cara mendesain baleho menggunakan Illustrator :

1. Size Does Matter

Untitled-1

Buatlah dokumen dengan ukuran sepertiga dari ukuran yang ditetapkan klien, contoh : jika baleho berukuran 600 x 100 cm, buatlah dokumen dengan ukuran 10 x 60 cm saja. Begitu juga sewaktu mengeksport ke .Jpg atau .Tiff tetapkan resolusi sepertiganya, contoh : jika operator menetapkan resolusi 45 DPI atau 30 DPI, eksportlah project dengan ukuran 450 atau 300 dpi. Akan lebih baik jika dieksport ke ukuran .Tiff (jika langsung dicetak mesin outdoor) atau .jpg (jika file dikirim menggunakan email). Set Color menjadi CMYK. Nah, jika sudah berupa .Tiff buka kembali file tersebut menggunakan phostoshop lalu rubah kembali resolusi dan DPI keukuran asli, contoh : yang tadinya berukuran 60×10 DPI 450 rubah di Image Size menjadi 600×100 DPI 45.

2.Don’t Place That Damn Picture
Usahakan jangan mem-place foto atau objek bitmap ke dalam Illustrator, karena pertama bukan muhrimnya alias haram, kedua sulit bagi kita untuk mengedit kembali foto tersebut jika sudah didalam Illustrator, ketiga hal itu cuma akan menambah besar file dan beban kerja menjadi lebih berat (terutama saving dan export).

3. Low Profile aja bung!…

Tiff option

Jangan sertakan color profile atau color management sewaktu meng-exsport project ke .TIff atau file apapun. Pertama karena warna bisa berubah jika file tersebut dibuka oleh komputer lain yang memiliki color profile yang berbeda. Kedua cuma nambah besar file aja…ntar gendut tuh hardisk.

4. Vector is Vector
Usahakanlah untuk mendesain dengan gambar-gambar murni vector tapi jangan terlalu banyak dan padat, karena itu juga bisa membuat kinerja komputer bertambah berat.

sekian…semoga bermanfaat

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *