Rahasia Besar Spiral

Salah satu tool yang menarik di Adobe Illustrator adalah Spiral tool, bukan karena menciptakan spiral – tetapi karena istilah misterius yang digunakan kotak dialog tool tersebut. Kata-kata seperti Radius, Decay, dan Segmen meninggalkan banyak pertanyaan daripada sebuah jawaban.

banyak pertanyaan dari para desainer grafis seperti:

“Apa artinya perintah Radius di tool Spiral ini ?”

“Yang dimaksud dengan Decay itu apa? dan apa itu persentase?”

“Bagaimana mengubah jumlah Segmen sehingga spiral tidak menjadi aneh putarannya?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus benar-benar membedah perintah ini satu persatu

sebelumnya cobalah angka-angka ini pada kotak perintah Spiral
gambar1

Radius?.

Jika Anda berpikir ke depan, Anda mungkin telah menyimpulkan bahwa Radius adalah pengukuran dari pusat objek ke salah satu sisinya. Yah, itu pikiran pertama saya, dan seperti saya, Anda salah.

Radius sebenarnya lebar atau tinggi dari segmen pertama. Anda dapat membuktikan ini dengan memilih segmen dengan Direct Selection tool (panah putih) klik lengkungan pertama  РCopy Рlalu Paste. Itulah dia Radius
radius

Jika Anda memeriksa Info palet atau palet kontrol baru, Anda akan melihat bahwa kedua lebar dan tinggi (atau Radius) dari segmen ini adalah 1 ” diukur dari bagian dalam busur dimana lebar dan tinggi berpotongan di pojok kiri atas dari kotak.

Decay?.

Decay hanyalah Radius setiap segmen yang berhasil dikalikan dengan persen yang Anda tetapkan dalam kotak dialog. Dengan kata lain, jika Anda memilih segmen kedua di Spiral dengan Direct Selection tool Anda, kemudian Copy dan Paste, Lebar dan Tinggi harus 80% dari 1 “(Radius dari segmen pertama) atau 0,8”. Jari-jari ketiga segmen harus mengukur 0,8 “X 80% atau 64”, dan seterusnya dan seterusnya melalui semua 10 segmen.
decay

Tapi bagaimana jika Anda mengubah persentase dari 80? Semakin dekat Decay ke angka 100% lengkungan akan lebih membentuk lingkaran. Ketika Anda menurunkan persentase Decay, Spiral akan longgar. Di beberapa titik itu tidak akan terlihat seperti Spiral sama sekali – semua menjadi LINGKARAN.

Segmen.

segmen
Jika Anda menghitung segmen dalam Spiral, Anda akan melihat bahwa ada 10 segmen didalam spiral yang kita buat. Tapi apa yang terjadi jika Anda meningkatkan jumlahnya menjadi 20? Nah jika semuanya mengikuti apa yang disebutkan di atas, spiral akan terus berliku ke dalam menuju pusat untuk 10 segmen tambahan, masing-masing dengan Radius yaitu 80% dari segmen sebelumnya.

Style.

Akhirnya ada sesuatu yang jelas – Style. Yang menentukan adalah arah mana Spiral berputar – searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam?.

Sekarang kita telah memecahkan misteri spiral

Apakah Spiral dengan Decay dari 100% benar-benar hanya sebuah lingkaran? tidak bro! Ini terlihat seperti lingkaran tapi itu Spiral yang melingkari lurus ke bawah dari atas sendiri.

Untuk membuktikannya sendiri, buatlah Spiral dengan Decay 100%. Kemudian pilih setiap segmen atau titik anchor dalam objek dengan Direct Selection tool Anda dan memindahkannya. Anda akan menemukan bagian lain dari Spiral tersembunyi di bawah apa yang baru anda pindahkan.
last

Apa yang terjadi dengan Spiral ketika Decay lebih besar dari 100%? Cobalah sendiri dan temukan sentuhan baru dalam spiral.

 

disadur dari artikel Jeff Witchel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *