ebook

Sudah ada banyak pro dan kontra tentang peluncuran iPad minggu ini. Banyak yang mengklaim bahwa iPad dan perangkat lunak iBooks akan menyelamatkan industri penerbitan. Mereka mengatakan bahwa iPad akan membunuh Kindle,  Nook, dan setiap pembaca ebook lain.  Namun bagi saya itu tidak akan terjadi. Dan inilah sebabnya:

1. Kurangnya luasnya layar buat ePaper.

ipad2

Ini seperti melanggar aturan bagi saya. Membaca di layar LCD menyebabkan mata tegang setelah beberapa saat. Bukan masalah besar kalau kita hanya membaca blog atau situs berita selama beberapa menit pada suatu waktu. Tapi ketika membaca buku, aku bisa duduk selama berjam-jam pada suatu waktu. Tapi dengan layar LCD, menyebabkan tegangan mata. Itulah alasan terbesar saya tidak akan menganggap iPad menjadi tempat membaca ebook yang layak Efek samping yang lain adalah iPad tidak memiliki sebuah layar ePaper. Dengan ePaper, charge dapat berlangsung selama berhari-hari atau kadang-kadang bahkan berminggu-minggu. Itu berarti jika aku akan pergi selama akhir pekan, saya tidak harus membawa pengisi daya dengan Kindle atau Nook.

2. Kurangnya Seleksi.

Kindle resmi memiliki lebih dari 400.000 buku yang tersedia. Barnes & Noble's Nook memiliki akses ke lebih dari satu juta buku, surat kabar, dan majalah. Dan itu tidak masuk hitungan ratusan ribu buku yang tersedia di situs-situs seperti Smashwords dan Fictionwise. [quote]IBooks toko yang saat ini memiliki judul yang tersedia dari lima penerbit besar. Jumlah yang mungkin untuk beberapa ribu buku (mungkin lebih dengan backlists, tapi aku yakin itu masih kurang dari seratus ribu judul). Jadi, jika Anda hanya membaca ebooks sebagai pilihan utama, iBookstore mungkin memiliki segala yang Anda cari. Dan tidak jelas seberapa baik iBooks akan bermain dengan DRM-free ebooks dari situs lain.

3. DRM.

Jika iTunes sebuah indikasi, iBooks akan memiliki hak digital manajemen yang besar. Arus utama mencakup industri penerbitan DRM, tapi cukup jelas bahwa konsumen teknologi cerdas (yang iPad coba untuk masuk) tidak menghargai DRM.

Kekurangan lain

Software iBooks bukanlah satu-satunya kekurangan yang iPad miliki. Pertama-tama, memori internal benar-benar kurang. Tentu saja, versi yang paling mahal sekarang memiliki kapasitas penyimpanan 64GB, tetapi  model iPad pertama (yang hanya $ 499) hanya memiliki 16GB. Untuk yang kelas teratas, tidak ada SD slot. Yang berarti saya tidak dapat memperluas penyimpanan 16GB. Kurangnya sebuah slot SD berarti saya harus menghubungkan melalui kabel sampai ke MacBook Pro jika saya ingin mentransfer foto. Perangkat lunak untuk menampilkanfoto juga kurang impressive. Selain itu alat ini bahkan tidak memiliki port USB. Atau HDMI port. Itu berarti saya tidak bisa menghubungkannya  ke TV saya untuk menonton film definisi tinggi. Apa gunanya?

Sebuah Alternatif yang lebih baik

Pertama-tama, jika Anda hanya ingin pembaca ebook yang berdedikasi, beli Kindle, Nook atau Alex. Jangan membeli iPad. Jika Anda ingin nama besar iPod Touch, maka belilah iPad.

pixelqi-adam

Kabar baiknya adalah bahwa ada alternatif yang lebih baik dalam beberapa bulan kedepan. Sebuah perusahaan bernama Pixel Qi telah datang dengan layar transflective baru. Apakah ini berarti bahwa tampilan bisa melakukan tugas ganda. Katakanlah Anda ingin menonton sebuah film. Kemudian Anda menggunakan layar LCD sebagai standar. Tapi kemudian Anda ingin membaca buku. Anda hanya tinggal mengaktifkannya ke mode ePaper! Dan jika Anda mencoba menjelajahi web di terik matahari, maka Anda dapat mengaktifkannya ke mode transflective, yang kurang  memiliki warna yangmenjenuhkan, tetapi lebih mudah dibaca dalam cahaya matahari langsung.

transflective

pixelqi-adam2

pixelqi-adam3

Dan ada sebuah perusahaan yang berbasis di India, Notion Ink, yang telah menciptakan sebuah tablet yang menggunakan tampilan baru ini. Ini berjalan pada platform Android open source, yang berarti ada banyak aplikasi yang tersedia, dan cukup mudah untuk belajar kode mereka sendiri. Dan bagian terbaiknya? alat ini memiliki data penyimpanan yang diperluas dan alat ini dijual dengan harga $ 325. Dan menurut saya, alat inilah yang saya tunggu-tunggu.

Penulis:

Cameron Chapman

Cameron Chapman adalah seorang profesional web dan desainer grafis dengan pengalaman lebih dari 6 tahun. Dia menulis untuk beberapa blog, termasuk dirinya sendiri, Cameron Chapman On Writing. Dia juga penulis Internet Famous: Sebuah Panduan Praktis untuk Menjadi Selebriti Online.

Translate by Tri Wibowo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.