Desain di pikiran seseorang mungkin sebuah karya cipta yang indah, bagus, dan menarik. Seorang wanita akan membayangkan sebuah model busana dan tas dengan desain yang mampu membuat dirinya tampil cantik. Sementara seorang penggemar mobil akan membayangkan sebuah motor dengan modifikasi yang sporty dan tampilan yang trendy. Setiap orang akan mempunyai imajinasi yang berbeda terhadap sebuah kata desain. Sekarang coba kita perhatikan benda di sekitar kita. Bungkusan makanan, sepatu, tas, tower, handphone, dan masih banyak lagi. Perhatikan dengan lebih seksama dari biasanya. Beragam sekali bentuk dan fasilitas atau kegunaannya. Mengapa sebuah benda yang berfungsi sama (misalnya pakaian), bisa memiliki desain yang berbeda? Kembali pada imajinasi; setiap orang mempunyai imajinasi yang berbeda-beda walaupun untuk satu jenis benda yang sama. Imajinasi-lah yang kemudian mempengaruhi proses kreatif seseorang dalam berkarya cipta sampai menghasilkan sebuah desain.
Jadi pengertian desain berdasarkan uraian di atas adalah sebuah hasil akhir dari rangkaian proses kreatif seseorang. Sedangkan kreativitas adalah sesuatu yang tidak bisa muncul dan ditimbulkan dengan sendirinya, melainkan harus melalui proses latihan. Sebagian orang memang dibekali dengan bakat alamiah dalam bidang desain. Nah, bagi sebagian lagi yang tidak memiliki bakat alamiah di bidang desain, latihan dan latihan adalah salah satu kuncinya.

Desain Grafis

Ketika sebuah desain ‘berbicara’ tentang bangunan maka yang ‘berbicara’ adalah arsitektur. Saat sebuah desain ‘menceritakan’ keindahan sebuah taman maka yang ‘berbicara’ adalah desain lanscape. Giliran sebuah desain yang menampilkan bentukan-bentukan furniture, pakaian, jam tangan, dan sebagainya maka desain produklah yang ‘berbicara’. Demikian pula saat seseorang melihat sebuah poster, sampul buku, baliho, sampul majalah, brosur dan multimedia maka desain grafislah yang ‘berbicara’.
Kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah. Walau bidang kerja ini masih belum mendapat pengakuan penuh dari beberapa orang. Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang (desainer) untuk melihat efek dari layout atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Umumnya komputer dianggap sebagai alat yang diperlukan dalam industri desain grafis. Komputer dan aplikasi perangkat lunak umumnya dipandang, oleh para profesional kreatif, sebagai alat produksi yang lebih efektif dibandingkan dengan metode tradisional.
Sebagai sebuah alat produksi, komputer berfungsi sebagai sarana yang mempermudah seorang desainer untuk mewujudkan ide-ide kreatifnya ke dalam bahasa gambar (visual). Desain grafis dalam pengertiannya sebagai sebuah bahasa visual merupakan sebuah komposisi dari ilustrasi (image), tipografi, dan warna. Jadi bisa dikatakan bahwa proses desain grafis adalah menciptakan, mengolah, dan mengatur peletakan, ukuran, dan tampilan dari ketiga elemen tersebut sehingga menghasilkan suatu komposisi visual yang mampu berkomunikasi secara verbal dengan orang yang melihatnya.

Problemo

Problem timbul ketika client menginginkan lebih dari inti penyampaian produk mereka. Terkadang berlebihan jika sebuah baliho mengenai penyelenggaraan sebuah acara musik harus menampilkan semua hal yang terkait mengenai acara tersebut, seperti jumlah personel grup yang ikut, para sponsor pendamping, harga tiket, sampai syarat masuk ke gedung pertunjukan dsb.
Bisa anda bayangkan jika baliho itu dipasang di persimpangan jalan yang ramai. Pesan yang ingin tersampaikan pasti tidak akan terbaca semua. Seorang pengendara motor tak akan mematikan kendarannya hanya untuk membaca isi baliho tersebut.
Berikanlah pesan yang singkat pada desain baliho anda, dan lengkapilah pada media lain seperti televisi, radio, brosur.

Nah, ternyata menarik juga ya membicarakan desain? Bagaimana dengan Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.