Kesuksesan dalam membuat layout koran itu lebih dari sekedar pengalaman, tetapi harus dalam konteks yang berdasarkan :

    • Keseimbangan
    • Kontras
    • Irama
    • Kesatuan, dan
    • Harmony

Keseimbangan
Maksud dari keseimbangan disini adalah dalam halaman kita mesti menyeimbangkan gambar dengan gambar yang lain, berita dengan berita yang lain, judul dengan judul yang lain, grafis dengan grafis yang lain. Jangan saling bertabrakan. Sebuah judul opening harus lebih besar dari judul berita yang lain. Akan lebih memudahkan jika kita mengenal 4 aspek dalam melayout sebuah koran :

  1. Main News (berita opening)
  2. Main Pictures (Foto A)
  3. Articles (Rubrik), dan
  4. Footer atau kaki

Karena keempat aspek ini jika terpenuhi terlebih dahulu maka deadline akan bisa dicapai. Selain itu penempatan berita-berita lain akan lebih merata karena konsentrasi artistik tidak lagi terfokus pada 4 aspek utama diatas.
Sebaiknya foto tidak di pasang berjejer terutama jika foto tersebut tidak berkaitan contoh berita 1 dan berita 2 masing-masing memiliki fototetapi ditemppatkan berdampingan atau berdekatan. Ini sebaiknya dihindari.

Virginia-pilot
Contoh desain harmonis

Kontras
Yang dimaksud kontras disini adalah penempatan garis, kotak, warna, foto, ruang kosong. Penggunaan garis perlu diperhatikan karena mereka berfungsi sebagai pembatas. Dalam memisahkan berita satu dengan berita yang lain selain memerlukan garis, kita juga bisa menggunakan kotak atau ruang kosong (space). Begitu juga dalam penggunaan warna, jangan pernah memberikan warna yang berlebihan terhadap halaman, kecuali koran bernuansa kriminal. Bahkan trend sekarang di koran kriminal tampilannya sudah dinamis dan simple.

Pemberian kontras juga bisa lewat font yang digunakan. Berilah font yang terlihat besar dan gemuk pada judul opening, atau berikan huruf miring pada judul kaki. Kekontarasn akan lebih didapat pada pewarnaan hitam putih. Oleh karena itu, kualitas print atau cetak harus optimal dan gunakan kertas yang benar-benar putih dan tidak kotor. Upayakan warna ditampilkan lewat foto-foto saja, sehingga menghilangkan kesan kusam pada halaman.

Irama
Yang dimaksud irama disini adalah kecocokan antara redaktur dan artistik dalam mencurahkan ide ke halaman, sehingga pembaca dapat mengikuti dengan jelas apa yang kita sampaikan. Seperti kita menjual produk iklan, pihak pemilik produk mesti sinkron dengan para desain iklan agar maksud dari iklan tersampaikan dengan benar.

Kesatuan
Sebuah koran bukanlah mengenai satu atau dua halaman, tetapi menyangkut semua halaman. Sebuah koran bernama Kapuas Post bukan hanya halaman satu saja tetapi semua halaman adalah Kapuas Post. Jadi maskudnya integrasiakn semua halaman menjadi satu kesatuan berita dan foto. Berita yang panjang sebaiknya disambung ke halaman lain. Berilah link-link pendek ke halaman yang memiliki bobot berita yang baik. Semua halaman harus saling mengisi. Sehingga tampak kesatuan yang harmonis dan pastinya pembaca akan merasa nyaman dan dimanjakan.

Harmony
Harmony disini tak lain adalah mengenai tampilan koran kita sehari-hari. Tampilan hari ini tidak boleh terlihat drastis berubah dari tampilan koran edisi kemarin. Hal itu tidak hanya membuat pembaca bingung tetapi juga membuat pembaca gundah dan terkejut. Dalam hal ini kita mesti tahu dulu bahwasanya pembaca lebih berminat pada perubahan drastis di isi berita bukan layout. Kita tak perlu membombardir halaman berlebihan karena berita yang disampaikan juga belum tentu berita yang bagus. Tariklah mata pembaca dengan font-font yang manis, kontras dan mudah dibaca.

INGATLAH, PERLAKUKAN PEMBACA ANDA DENGAN LEMBUT

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.