Bagaimana jika kita sedang melayout menggunakan Indesign, lalu tiba-tiba listrik padam dan pekerjaan kita di Indesign belum kita simpan. Tentu akan membuat kesal, tetapi kita jangan khawatir karena di Indesign ada fasilitas Recovery yang mengembalikan file yang sedang kita kerjakan kembali utuh.

Namun fasilitas Recovery ini terkadang tidak begitu efektif. Karena terkadang ada beberapa file yang tidak bisa di-Recovery dan membuat indesign kita crash saat kita membuka software ini. Ada tips jitu untuk mengatasi hal tersebut:

Pertama-tama Exit dari Indesign dan bukalah Windows Explorer. Cari dimana letak file yang tercorrupt tersebut maka anda akan menemukan dua file indesign, file pertama adalah file Indesign itu sendiri dan satunya adalah file hasil recovery yang ter-corrupted. Deletelah file yang ter-Corrupted tersebut. Pindahkan file Indesign yang asli ke Folder yang berbeda

corrupted1

Buka Indesign anda jika ada menu pilihan untuk mengaktifkan file Recovery anda maka kliklah No. Buka File-->Open dan cari file asli yang anda pindahkan tadi.

Insya Allah file anda yang rusak bisa kembali seperti semula dan jangan lupa untuk di Save kembali atau lebih baik di Save As.

6 thoughts on “Memperbaiki File Indesign dari Recovery File yang Gagal”

  1. mau nanya indesign cs3 saya gak bisa dibuka,, ada pengaruh gak sama window yang sya pke,, win7

  2. Indesign CS3 minimal menggunakan Windows XP Service Pack 3, jadi seharusnya Windows 7 dan Vista tidak bermasalah pada Indesign CS3. Jika File Indesignnya yang ngga bisa kebuka, coba pakai cara tulisan di http://www.triwibowo.com/memperbaiki-file-indesign-dari-recovery-file-yang-gagal
    Namun jika Indesignnya yang tidak bisa dibuka, coba install ulang Indesign anda dengan pilihan typical karena di Indesign CS3 mesti ada software pendukungnya yang membuatnya berjalan lebih baik. Jika masih saja belum bisa dibuka, maka kemungkinan besar Windows 7 anda yang bermasalah.

    Sekian….

  3. Mas,
    saya punya kendala dalam menggunakan indesign cs3 ME versi 5 di win7.
    pada mulanya bisa, tapi tiba-tiba muncul kata2: Indesign.exe has stopped working.

    saya install ulang beberapa kali, tetep sama.
    saya pake yg portable, juga sama.

    bisa bantu saya mas??
    Terima kasih sebelumnya.

  4. Barangkali bukan Indesign-nya yang salah, tetapi windowsnya, coba clean install windowsnya

  5. Mas.. ketika di open di folder yang berbeda fil corup nys muncul lagi gimana ya mas..??

Comments are closed.