Pernahkah anda mencetak warna CMYK (4 warna) sebuah foto di kertas koran, tetapi mereka terlihat besar, gelap atau malah kabur? ada solusi untuk anda selain menggunakan fasilitas auto-brightness, contrast, sharpen selections coba langkah-langkah profesional berikut :

Saya yakin anda pasti lebih senang untuk membicarakan tentang membuat gambar naga keren yang sedang melemparkan api dari tenggorokan dengan badai di cakrawala serta latar belakang yang spektakuler menggunakan Photoshop. Namun kali ini kita akan berbicara tentang sesuatu yang sedikit lebih biasa, saya kira, untuk beberapa, dan mungkin menarik untuk orang lain: menyesuaikan foto untuk pencetakan dalam publikasi Anda . Hal ini penting! ini berdasarkan pada pencetakan koran, jadi jika Anda memiliki majalah atau halaman Web maka saran-saran berikut tidak akan benar-benar berlaku.

Langkah 1. Open File

Buka gambar Anda. Ini mungkin dari scan atau gambar digital. Buka program Photoshop. Semakin besar gambar yang Anda mulai akan semakin baik tapi hati-hati dengan berapa banyak ruang hardisk Anda.

PB300164

Langkah 2. Gunakan Image>Image Size

Untuk merubah ukuran foto yang Anda inginkan, gunakan resolusi 170 dpi (ini sangat pas untuk koran yang memiliki 85 Lpi. Selain itu resolusi ini lebih memudahkan untuk gambar berukuran kecil agar tidak terlalu pecah dibandingkan resolusi 200 atau lebih yang cuma membuang waktu dan "mengendutkan" file size anda.

Image-Size

Catatan: 2 Brightness dan Contrast

Langkah berikutnya fokus pada brightness dan kejernihan brightness. Dalam mencetak koran foto yang anda gunakan harus memiliki cahaya, foto cerah  dan gunakan dot gain 20%.

Brightness

Langkah 3. Image>adjust>Levels

Pastikan Anda mengolah foto Anda dalam mode RGB sampai Anda selesai setelah itu ubah mereka ke mode CMYK. Double klik white point di kotak Curves dan tetapkan CMYK pada 0,0,0,0 dan Black Point pada 100% hitam atau bisa juga menggunakan campuran C=63, M=53, Y=53, K=93 atau variasi di jangkauan terdekat.

Levels

Levels2

Levels3

Langkah 4. Image>adjust>Curves

Pastikan titik putih (di bawah grafik pada kotak dialog Curves) berada di posisi ke kiri (klik pada panah memindahkan mereka tengah kanan atau kiri) dan tarik garis kurva turun di tengah perlahan sampai Anda melihat foto Anda ringan tanpa menjadi keruh atau "berlumpur". Kadang-kadang ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Kadang foto terlihat keruh jika Anda menarik garis kurva turun terlalu jauh.

Curves

Langkah 5. Filter> Unsharp Mask

Ini adalah filter yang benar-benar menarik untuk membuat foto Anda terlihat garing dan renyah (kue kali'). Gerakkan slider untuk sampai angka 180, Radius:2, Threshold:2 (Anda juga dapat meletakkan slider yang lebih rendah).

Unsharp-Mask

Langkah 6.Convert to CMYK

Jika Anda senang dengan olahan anda ubah gambar ke CMYK Image>mode>CMYK color.

CMYK

tekan Save dan walah! Naga anda siap untuk dicetak di koran yang buram....

PB3001642

Artikel oleh pj kincaid's
Translate oleh Tri Wibowo

2 thoughts on “Mengolah Foto Untuk Percetakan Koran”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.