Dahlan-IskanDahlan Iskan (lahir tanggal 17 Agustus 1951 di Magetan, Jawa Timur), adalah CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos News Network, yang bermarkas di Surabaya. Karir Dahlan Iskan dimulai sebagai calon reporter sebuah surat kabar kecil di Samarinda (Kalimantan Timur) pada tahun 1975. Tahun 1976, ia menjadi wartawan majalah Tempo. Sejak tahun 1982, Dahlan Iskan memimpin surat kabar Jawa Pos hingga sekarang.

Dahlan Iskan adalah sosok yang menjadikan Jawa Pos yang waktu itu hampir mati dengan oplah 6.000 ekslempar, dalam waktu 5 tahun menjadi surat kabar dengan oplah 300.000 eksemplar.

Lima tahun kemudian terbentuk Jawa Pos News Network (JPNN), salah satu jaringan surat kabar terbesar di Indonesia, dimana memiliki lebih dari 80 surat kabar, tabloid, dan majalah, serta 40 jaringan percetakan di Indonesia. Pada tahun 1997 ia berhasil mendirikan Graha Pena, salah satu gedung pencakar langit di Surabaya, dan kemudian gedung serupa di Jakarta.

Pada tahun 2002, ia mendirikan stasiun televisi lokal JTV di Surabaya, yang kemudian diikuti Batam TV di Batam dan Riau TV di Pekanbaru.

4 thoughts on “Profil Dahlan Iskan”

  1. Saya suka dengan tulisan pak Dahlan Iskan. Hanya satu yang saya kurang suka dari beliau adalah kesukaannya pelesir ke Luar Negeri yang kini diikuti oleh juniornya di Pontianak. Kalaw Pak Dahlan JJS ke LN wajar, dia kaya, 100 lebih perusahaannya. Wajar.

    Yang belagu dan norak itu juniornya di Pontianak. Hobi ke China, sampei urusan BONUS aja ribetnya minta ampun. Tapi syukurlah tau kalaw sekarang lagi reses, apa apa mahal. Jadi hobi pelesir ke LN dan suka memperjalankan orang ke LN sudah berkurang drastis sejak 3 tahun terakhir ini. Sadar niye

  2. aku sangat suka gaya pemimpin pak Dahlan iskan, calonkan saya jadi presiden!

  3. Aku sangat suka gaya pemimpin pak Dahlan iskan, calonkan Saja jadi presiden!

  4. maman achmad rifai

    Ketangguhan Indonesia ditentukan oleh ketangguhan pedesaan dan masyarakat nya. Saran untuk Pak Dahlan Iskan adalah membawa BUMN UNTUK TURUT SERTA AKTIF MEMERDAYAKAN PEDEDESAAN DAN MASYARAKATNYA yang sebagian terbesar adalah petani kecil menengah dengan strategi help farmers help themselves dan trust the farmers. mudah mudahan terlaksana, aamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *