awseome5

Sebagai desainer kita memiliki keterampilan yang terasah ; portofolio yang indah, kartu nama yang dirancang dengan baik, dan pandai berkelit di dunia sosial.

Jadi apa lagi yang kurang? Di sini kita akan membahas persiapan untuk mengesankan klien. Seorang klien yang terkesan sangat penting tidak hanya untuk bisnis pada awalnya, tetapi juga untuk bisnis yang berikutnya. Klien yang terkesan akan berbagi informasi tentang proyek-proyek baru mereka dan merekomendasikan Anda sebagainya desainernya untuk rekan-rekannya yang lain. Satu atau dua klien yang terkesan dapat dengan mudah menyebar bakat Anda di sekitar sepuluh atau lebih orang di sekitarnya.

Dalam kata-kata eksekutif periklanan Amerika William Bernbach, "Firman dari mulut ke mulut adalah medium yang terbaik dari semua.". Jadi klien yang merekomendasikan Anda, meletakkan persetujuan mereka pada pekerjaan Anda. Itu sesuatu yang bahkan portofolio atau kartu nama anda tak bisa melakukannya.

Setiap orang memiliki Portofolio, Anda Harus Remarkable.

awseome

Setiap desainer yang serius memiliki portofolio dan kartu nama.  Dalam bisnis kami (freelancer), dua hal yang membedakan Anda: yaitu desain yang luar biasa dan pemasaran yang luar biasa pada diri Anda sendiri. Untuk memahami luar biasanya anda cukuplah dengan bertanya, "Apakah aku terlupakan?". Menjadi luar biasa adalah apa yang memberi Anda kemampuan untuk ditonjolkan dalam komunitas teman-teman Anda.

Ada kesempatan baik bahwa Anda bukanlah satu-satunya pengaju tawaran suatu proyek, terutama jika pekerjaan ini adalah daftar pada salah satu dari sekian banyak pekerjaan di luar sana. Jadi berdiri keluar adalah suatu keharusan! Hal-hal paling sederhana dapat membuat Anda menonjol. Ini semua tentang hal-hal kecil, mereka ditambahkan dalam cara-cara yang lebih besar dengan klien. Ini bisa menjadi kreativitas ekstra dalam kartu bisnis Anda, portofolio, atau bahkan menjadi satu-satunya pria untuk muncul dengan menggunakan dasi.

Tetapkan Tujuan Anda.

awseome2

Apa yang Anda inginkan dari proyek ini? Apakah Anda hanya membutuhkan uang? Apakah Anda ingin meningkatkan eksposur anda? Mencari untuk bisa masuk ke pasar baru? Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini dan tulislah. Jadi, apa tujuan ini semua dengan membuat klien terkesan? Organisasi. Ketika seseorang yang terorganisasi bekerja, semua akan menunjukkan pada semua aspek pekerjaan orang tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk menempatkan sebuah prioritas agar Anda dan pikiran Anda terbuka; untuk menjadi tenang, dan memegang kendali. Anda akan memberikan gambaran tentang efisiensi dan keyakinan

Hati-hati memilih Kata-kata, Mereka memperhatikan Anda.

Tidak peduli seberapa baik portofolio Anda, jika Anda memiliki kepribadian seperti roti segar, Anda tidak akan mendapatkan klien klien. Ketika bertemu klien Anda untuk pertama kalinya, dengan cepat mereka menilai lingkungan sekitar Anda. Menemukan kesamaan adalah cara terbaik untuk memulai percakapan. Dalam beberapa kasus mungkin klien setengah jalan dalam mengenal kemajuan dunia. Dalam situasi seperti ini, email dan percakapan telepon adalah satu-satunya bentuk kontak. Nada adalah segalanya ketika mengandalkan sarana komunikasi selain tatap muka. Perhatikan ucapan anda, tata bahasa, dan tanda baca dalam email karena mereka dapat membuat anda sukses atau menghancurkan Anda.

Kerjakan pekerjaan rumah Anda

Sebelum memulai proyek baru, aku menggunakan google sebagai sumber klien potensial. Aku tidak bisa menghitung berapa kali mempersiapkan diri saya untuk klien gila. Dengan memeriksa di google dan berbagai jaringan sosial, Anda akan dapat memahami klien anda. Apakah mereka memiliki beberapa toko? Apakah mereka membayar vendor mereka pada waktunya? Apakah ada gambar aneh pada pesta Natal terakhir mereka di Facebook? Tunggulah jawabannya di internet.

Hati-hati dengan pakaian yang Anda kenakan

awseome3

Orangkah yang membuat setelan jas bagus atau setelan jas yang membuat pria bagus? Jangan pikirkan itu dulu! Ketika bertemu seorang klien untuk pertama kalinya sangatlah penting untuk berpakaian yang sesuai. Jika Anda bertemu di boling, setelan jas mungkin bukan pilihan yang baik. Di sisi lain dewan tidak mengenakan celana pendek dan Nine Inch Nails t-shirt untuk bertemu. Yah, mungkin jika itu adalah perusahaan papan skate. Saya biasanya berpakaian berwarna gelap kasual khusu untuk berbisnis. Baju ini cukup bagus dan jika aku perlu sedikit melepaskan ketegangan, aku tinggal mengendurkan dasi sedikit, dan ketika ragu-ragu, tinggal memakai kembali dasinya.

Aku punya tato. Aku telah berada dalam situasi yang menyulitkan. Saya telah kehilangan klien potensial karena tattoku dan aku juga telah mendapat klien karena mereka. Dengan tattoo, aku mendapatkan kesempatan 50-50. Kumasukan mereka dalam aturan baru, aku menjaga selalu menutup rapat tattoku kecuali mereka muncul dalam percakapan dengan klien. Aku punya tato di portofolio sebagai ilustrasi saya dan terkadang menjadi subjek yang biasanya muncul.

Jadilah diri sendiri.

Akhirnya, semua itu bermuara pada akal sehat. Apakah Anda mengenakan setelan jas atau tidak? Apakah Anda menggunakan cerita lucu di sekitar pembuatan desain anda? Gunakan pertimbangan dan "insting Spiderman” anda, pengertian tentang desain untuk menelusuri perairan klien. Tenang, anda akan baik-baik saja. Jadilah diri sendiri. Mereka akan mencintai Anda, kecuali Anda memiliki kepribadian roti segar. Untuk akhir kata saya akan memberikann anda perkataan William Bernbach tentang penawaran, "Tak seorang pun menghitung jumlah iklan yang Anda jalankan, mereka hanya ingat kesan yang Anda buat.

Tentang Penulis:

Jeff Boshers

Jeff Boshers adalah seorang Desain Grafis Lepas dari Tennessee. Beliau senang memdiskusikan tentang prinsip desainn klasik, CSS, Teknik Percetakan, dan managemen klien. Anda akan temui dia di Twitter @boundbystars dan hasil kerjaanya. Dan beliau juga mengerjakan proyek dengan judul  52 week project called 52 luchadors.

Alih Bahasa : Tri WIbowo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *