Sering kita kehabisan ide atau sedang mencari-cari bahan kreatif, tetapi tidak menemukan juga. Apalagi hal itu terjadi disaat kita sangat membutuhkan ide, seperti ketika kehabisan bahan untuk menulis blog atau membuat laporan untuk atasan. Bahkan kita pun tidak bisa menulis apa-apa karena tidak ada hal atau sesuatu bayangan yang bisa untuk di tulis. Apakah ini pertanda awal penyakit pikun? atau mengidap penyakit Alzheimer? tidak perlu risau, mungkin kita perlu menyesuaikan dengan kondisi dan suasana yang baru. Jika kita saat itu dalam kondisi sangat sibuk, cobalah untuk istirahat dulu. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa tips memicu kreativitas kita;

1. Fokus Pada Perhatian

Pernahkah ketika kita berjumpa dengan seseorang, kita lupa nama dia dalam beberapa saat? Seiring dengan bertambahnya usia kita, kita harus semakin sering untuk mengulang-ulang informasi yang baru kita didapat agar dapat masuk ke pusat penyimpanan data yang terletak di dalam otak kita.

2. Tampil bersemangat dengan ‘doping’

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar kafein didalam secangkir kopi bisa membantu kita untuk lebih berkonsentrasi terhadap sesuatu hal dengan cara lebih baik. Tetapi untuk Anda yang mudah atau rentan terkena depresi, agar sebaiknya untuk menjauhkan diri dari kopi karena malah akan bisa berakibat buruk bagi sel-sel otak.

3. Agar berlatih terus

Terus belajar dan melatih kemampuan yang baru didapat dengan cara mengulang-ulang dapat mengubah ’jaringan’ internal otak dan pada akhirnya akan sangat membantu ketika akan melakukan proses mengingat. Jadi kuncinya yaitu berlatih, berlatih, dan terus berlatih.

4. Hindari hal-hal yang bisa membuat Anda tidak fokus

Ketika berada dikondisi yang berisik, chaos, atau banyak gangguan sehingga kita tidak bisa berkonsentrasi, sebaiknya kita menjauh dari lingkungan tersebut seperti menyendiri di tempat yang sepi agar bisa lebih berkonsentrasi. Ingat ketika kondisi berisik atau banyak gangguan, jaga emosi kita karena jika mengeluarkan emosi pada saat itu, malah akan menimbulkan masalah yang lain dan membuat semakin susah untuk berkonsentrasi.

5. Waktu yang tepat

Pada pagi hari biasanya orang-orang merasa lebih jernih dalam berfikir sehingga mudah untuk memikirkan atau mencari ide. Dan biasanya untuk mereka yang lebih muda usianya lebih senang pada siang hari. Coba temukan dan tentukan kapan waktu kita yang tepat serta jangan lupa untuk menyelesaikan semua masalah-masalah yang memerlukan pemikiran di waktu-waktu tersebut.

6. Catatlah

Supaya tidak lupa jika ada hal penting, tulislah di secarik kertas. Para ahli sering mengingatkan agar selalu menulis sesuatu agar selalu ingat, karena itu merupakan salah satu petunjuk untuk mengingat.
Ada pepatah Cina,

“tulisan yang tintanya tidak jelas dapat bertahan lebih lama daripada ingatan paling kuat sekalipun.”

7. Belajar dari pengalaman Da Vinci

Belajar dari Da Vinci yang terkenal dengan ide-ide revolusionernya, kita bisa mencoba untuk melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan atau rutinitas kita, yaitu bertujuan agar merangsang stimulasi otak kita.

8. Mencoba sesuatu yang baru

Hasil suatu studi yang membandingkan orang-orang yang mudah mengalami depresi dengan mereka yang dapat mempertahankan kreativitasnya, diketahui bahwa kelompok yang kedua dapat mempertahankan mood karena terus berusaha untuk menambah pengetahuannya. Jadi membaca itu penting juga, seperti membaca f-buzz.com ini.

9. Hubungkan hal baru dengan yang lama

Dengan menghubungkan informasi atau hal-hal yang baru dengan apa yang telah kita alami atau ketahui  pada waktu yang lalu akan lebih mudah untuk mengingatnya kembali.

10. Beri kesempatan pada ide-ide baru

Ada diantara kita yang mempunyai kelebihan kemampuan dengan cepat menyaring fakta yang ada dan dengan cepat juga untuk memutuskan “ya atau tidak”. Tetapi untuk kreativitas memerlukan lebih banyak waktu senggang atau lebih dikenal dengan pendekatan yang lebih santai, yaitu dengan memberikan ruang bagi ide-ide ‘aneh’ atau ide-ide ’gila’ kita.

11. Pendidikan tinggi

Ada kalanya pendidikan sekolah mempengaruhi dalam memupuk kreativitas seseorang.

12. Menjaga kebugaran badan

Dengan berolah raga, maka kemampuan berpikir/mengingat juga akan semakin menguat. Karena dengan meningkatnya kadar oksigen dan nutrisi yang dialirkan ke dalam otak, sehingga merangsang sel-sel otak untuk tumbuh lebih pesat.

13. Pilih profesi yang menghadirkan tantangan bagi otak dan pasangan yang cerdas

Bagi orang-orang yang berkarir di bidang yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi atau penggunaan intelegensi tinggi besar kemungkinannya bisa mendapat stimulasi tinggi juga. Selain itu dengan menikahi seseorang yang pintar bisa membantu kita untuk terus mendapat stimulasi tingkat tinggi.

14. Mendengarkan musik klasik

Seorang psiolog eksperimental menemukan bahwa ada sebuah bukti yang mendukung adanya “Efek Mozart”, otak yang terekspos ketika mendengarkan musik klasik (misal Mozart), karena akan dirangsang sedemikian rupa sehingga informasi yang kita peroleh dapat masuk lebih cepat ke dalam otak kita.

15. Jangan ragu untuk mengetahui hal-hal baru

Kreativitas sering diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengadaptasikan suatu cara penyelesaian masalah ke penyelesaian lain yang berbeda. Banyak sekali contoh kreativitas yang tercipta dari hal-hal yang kecil namun menjadi besar.

Yang tidak boleh dilupakan ketika ingin memicu kreativitas adalah semangat senang, ketika melakukan hal dengan perasaan senang, kreativitas bisa muncul.www.f-buzz.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.