Pekerjaan tracing foto atau bitmap menjadi gambar vektor memang menyenangkan, hampir penggemar Adobe Illustrator dan Coreldraw mampu melakukannya, tetapi tahukan anda bahwa Illustrator mampu men-tracing 100% vektor mirip dengan gambar bitmapnya. Fasilitas ajaib ini dinamakan Mesh (tool ini juga terdapat pada Coreldraw). Sehingga hasil vektor yang dibuat mirip sekali dengan gambar bitmapnya.

Berikut ini saya uraikan cara pembuatannya, walau tak detail saya berharap anda dapat membayangkan betapa sulitnya mentracing dengan menggunakan mesh. Karena memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dan mengerjakannya.

Sebelumnya saya pernah mentracing foto Aishwarya Rai, tetapi dalam tutorial kali ini saya menggunakan wajah cantik yang hot banget, dia tak lain adalah MARIA OZAWA a.k.a Miyabi.

Tool yang dipakai hanya dua yaitu tool Mesh, Direct Selection Tool dan Eyedropper tool. Caranya dengan mengklik setiap Mesh point dengan Direct Selection Tool lalu mengisinya dengan warna terdekat Mesh Point dengan menggunakan Eyedropper Tool.

Karena saya kurang lihai menulis dan membuat tutorial saya tetapkan tulisan ini khusus untuk tingkatan menengah keatas bukan buat PEMULA. Maka dari itu saya cuma bisa sertakan gambar-gambar pembuatannya.

Tracing Wajah

Gambar-1

Tracing Bibir

Gambar-2

Tracing Hidung

Gambar-3

Tracing Mata

Gambar-4

Tracing Alis

Gambar-5

Tracing Rambut

Gambar-6

Tracing rambut halus

Gambar-8
Gambar-7

Tracing Leher

Gambar-9

Ingatlah selalu menggunakan fasilitas layer, jika tidak mungkin anda akan mengalami kesulitan besar dalam mentracing.
SELAMAT MENCOBA

Download gambar besar 1280 x 675

1 thought on “Tracing Bitmap dengan Tool Mesh”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *