Berikut saya coba membuat tutorial singkat pembuatan Project Desperate Bride. Stock background saya dapat di website sxc, sedangkan gambar Pengantin Zombie saya dapatkan di : mjranum-stock.

TUROTIAL BACKGROUND

Langkah 1
Buka file background lalu set ke Image->Adjustments->Desaturate.

1-desaturate

Langkah 2
Set Image->Adjustments->Brightness/Contrast pada Brightness -13 Contrast 17.
Set Image->Adjustments->Curves pada Output 123 Input 161
Set Image->Adjustments->Vibrance pada Vibrance 0 Saturation -44

2-backgorund-set

Langkah 3
Buatlah layer baru, dan buatlah kotak berwarna hitam pada pintu belakang (bisa menggunakan Rectangle Tool atau Path) lalu set Opacity 86%.

3-paint-door

Langkah 4
Buat layer baru dan buatlah Gradasi dari arah kiri (jendela) ke kanan untuk memberi atmosfir asal cahaya pada ruangan dengan menggunakan Gradient Tool dan set blending pada Soft Light.

4-blending-light

Langkah 5
Pada langkah ini anda akan memerlukan waktu lebih banyak untuk mengeditnya. Gunakanlah Dodge Tool dan Burn Tool untuk memberi memperjelas hightlight dan Shadows. Pakailah Pen Tablet untuk lebih detail, gunakan Fasilitas brush dan pada Exposure tidak boleh lebih dari 20%. Pada panduan gambar dibawah warna merah adalah sapuan dari brush Dodge Tool dan warna kuning adalah sapuan brush Burn Tool.

4-Shadows-highlight

TUTORIAL ZOMBIE BRIDE

Langkah 1
Croping dan letakkan secara proportional model Zombie pada gambar background. Klik pada gambar Zombie lalu Tekan Shift sambil klik Create new fill or adjustments layer pada menu Layer lalu muncul menu new layer dan cek list pada Use Previous Layer to Create Clipping Mask set Black & White dan set seperti pada gambar dibawah.Pada Layer Mask Thumbnail Layer Adjustement Black & White hapus sedikit bagian wajah dan rambut menggunakan Brush Tool opacity 40 - 50%, sehingga warna hitam putih tidak terlalu kentara pada gambar zombie.
Setelah itu set Image->Adjustments->Brightnes/Contrast pada Brightness -21 dan Contrast 42.

1-zombie-adjusments

1-Zombie-Desaturate

Langkah 2
Gambarlah helai-helai rambut jika sisa croping tidak terlalu bagus (akan lebih bagus jika menggunakan Pen Tablet).

2-zombie-hair

Langkah 3
Sama seperti langkah ke-5 pada BACKGROUND berilah sapuan Highlight dan Shadows menggunakan Dodge Burn dan Burn Tool.

3-zombie-highlightshadows

Langkah 4
Duplicate Zombie dan berikan Color Overlay warna hitam blending Soft Light dengan Opacity 86% lalu berikan Filter->Blur->Gaussian Blur. Ini memberikan efek bayangan pada zombie.
Buat layer baru dibelakang Layer Zombie. Buatlah bayangan dibawah gaun dengan Brush Tool opacity 20%.

4-zombie-shadow

Langkah 5
Buat layer baru gambarlah dengan fil warna putih menggunakan pen tool berikan Opacity 13%. Lalu hapus secara perlahan bagian kanan gambar. Ini akan memberikan efek cahaya yang masuk melalui jendela. Efek ini juga bisa dibuat dengan menggunakan Gradient Tool.

5-windows-light

Langkah Terakhir
Buat Layer baru isi dengan warna coklat muda (#c7b299) Blending Multiply dengan Opacity 80%.
Buat kembali layer baru isi dengan warna bitu muda (#b8c8ed) Blending Tool Soft Light dengan Opacity 58%.
Buat Kembali layer baru isi dengan warna biru (#3b74f4) Blending Tool Soft light dengan Opacity 50%, Lalu Add layer Mask dan warnailah bagian langit-langit dan sekitarnya menggunakan brush warna black Opacity 40%.

Desperate-Bride

Tutorial dasar manipulasi ini masih bisa dikembangkan lagi seperti menggunakan duplicate layer pada background dan diberikan Brightness/Contrast sedikit lebih tinggi. Unsur yang paling penting disini adalah unsur cahaya yang datang darimana dan berakhir kemana.

2 thoughts on “Tutorial Desperate Bride”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *